CeloteHany

penulis lepas yang menyukai darat, laut, dan langit

June 27, 2011

kegiatan liburan sekolah

masih bingung liburan mau ngapain??
mau main tapi gak punya money??
atau dirumah gak ada kerjaan??
dari pada diem aja atau main keluar ngabisin waktu dan uang tanpa melakukan hal yang bermanfaat, mending kita berkreasi sendiri yu!


“daripada hanya berdiam diri, melangkah dan mungkin tergelincir atau jatuh adalah pilihan yang jauh lebih baik, ada banyak pelajaran disana”



Nih ada beberapa solusi untuk mengisi hari libur anda..

    • Masak, kalo yang satu ini mungkin keliatannya cuma untuk kaum hawa. Tapi kata siapa?? Wong sekarang ini, coba aja tengok dapur di rumah-rumah makan justru yang jadi koki ga jarang adalah para pria-pria yang jago masak.hahha. kegiatan masak memasak ini bisa menghilangkan stres dan kepenatan juga lho! (tapi ini menurut saya :p)

    brownies ketan hitam
    cake stroberi
    • Berkreasi dengan barang bekas, salah satunya adalah daur ulang kertas. Mau tau caranya?
              Bahan:
    -          kertas bekas
    -          gunting
    -          pewarna textil
    -          screen sablon (bisa bikin sendiri)
    -          blender
    -          ember besar
    cara:
    -          potong kecil-kecil kertas bekas dengan gunting.
    -          Masukkan kedalam air dan rendam selama 1-2 malam
    -          Lalu kertas yang sudah lembek, bisa diblender.
    Kalo pengalaman saya jangan masukkin ke blender sekaligus, tapi sedikit demi sedikit, cz kalo kebanyakan blendernya ga bisa muter.
    -          Setalah halus,masukkan ke ember besar dan tambahkan air yang banyak, pokoknya kira perbandingan 1:10 (kertas 1, air 10)
    -          Setelah itu, bisa ditambahkan pewarna textil.
    -          Nah bahan tersebut siap dicetak menggunakan screen sablon
    -          Kalo saya liat dicara pembuatan2 kertas daur ulang sih, harusnya kertas dilepas dari screen baru dikeringkan. Tapi cara tersebut justru sulit untuk membuat kertas yang tipis.
    Jadi kalo mau tipis, kertas dijemur tanpa dikeluarkan dari screen. Setelah kering baru dicopot mnggunakan bantuan penggaris (rawan sobek! Jadi harus hati-hati!) heheh.
    -          Kertas yang sudah jadi, disetrika biar rapi.
    -          Dan selesai...  siap untuk dikreasikan menjadi media gambar, tempat tisu, tempat pensil, dll

    screen sablon
          Cara membuat screen sablon:
    -    Siapkan kawat nyamuk, bingkai foto bekas, paku payung.
    - Kawat nyamuk disematkan dibingkai menggukan paku payung.




    hasil kertas daur ulang, digunakan untuk media gambar 
    • Menjahit, nah kalo yang satu ini kayanya diperlukan keahlian khusus deh dan cocoknya buat para wanita. Tapi kalo laki-laki mau nyoba juga boleh..  Menjahit itu bisa menggunakan bermacam-macam media. Tapi saya lebih suka menggukan kain flanel, selain mudah dicari, hasil yang didapatkan juga sangat menarik. Kalo pinter, malah ini bisa dijadikan peluang usaha.
    dompet dan sarung pulpen dari kain flanel
    sarung pulpen

    Sebenernya masih banyak lagi kegiatan yang bisa dilakukan tapi saya baru melakukan 3 kegiatan tersebut selama liburan ini. Jadi selamat mencoba.. hahha.
    semoga terinspirasi  :)

    1 comment:

    1. ihh,,,, pngen nyoba.in masak.an,a hany,,, ^^

      ReplyDelete