CeloteHany

penulis lepas yang menyukai darat, laut, dan langit

December 28, 2012

daun itu jatuh lagi meninggalkan batangnya yang kini gersang
menyisakan memori akan kelamnya dunia tanpa mentari
nyawa pohon itu kini pergi mencari sendu yang baru
raga yang tak bernyawa menyiratkan kepedihan akan si pohon
dulu daunlah yang menemani hari-hari tanpa bunga yang mekar
menemani kala bakal itu belum manjadi buah
tapi yang kulihat pohon itu belajar tegar
walau hanya berbekal air tanah yang becek enggan berbagi
walau sesenyap jangkrik terkadang hinggap menyapa
ya, satu yang pohon itu maknai
hidup akan terasa lebih indah ketika semua itu disyukuri

December 25, 2012

sial..orang itu lagi..
kusudutkan badan ke samping gang sempit yang kelam
mencoba mencari cara untuk sembunyi
kualihkan pandangan menerawang kesekitar alam
mencari sosok yang sedaritadi membuntuti derapku
tiba-tiba...
dia tepat di depan otakku
ayalku untuk berlari sejauh mungkin pupus
tatapan tajam itu langsung menusuk selaput bola mata ini
merobek mencari hasrat dalam imajinasi
baru ku sadari..
sedari tadi ku terlelap dalam fantasi
yang memang kuciptakan setelah menonton film di layar kaca

December 23, 2012

sore itu disenja hujan turun..
ah lagi-lagi bayang itu kembali menyeruak ruang di otak kananku
mencoba menyelusup ke dalam imajinasi akan masa lalu
ku tarik napas panjang bermaksud membuyarkan lamunan akan sosok itu
satu..dua..tiga..
kuulangi lagi tapi tetap tak bisa
ya bayang-bayang yang seolah menempel mengikuti aliran darah
sosok itu kembali lagi..
sudah kuputuskan melanjutkan hari ini
kembali ke dunia nyata menikmati sisa hidup ini..

September 4, 2012

kalo biasanya anda cari di google gimana cara mengganti icon blog anda, biasanya yang bakal anda dapet adalah html-html yang harus anda cop-pas, kalo menurut saya itu ribet dan ngabisin waktu, mending kita coba langkah mudah yang satu ini..
  1. log in ke blog anda
  2. masuk ke Dasbor Blogger
  3. masuk ke setting-an Tata Letak
  4. nanti ada kolom favicon dibagian kiri atas
  5. klik edit 
  6. Pilih file favicon yang anda mau (Browse..), gunakan gambar bujur sangkar yang kurang dari 100 KB (untuk mengubah ukuran gambar, bisa gunakan program editting photo dengan me-resize gambar) 
  7. klik Simpan
  8. simpan setelan blog anda
  9. selesai
semoga tips yang satu ini bermanfaaat, aamiin

nb: biasanya icon blog anda baru akan muncul 1 hari kemudian

September 3, 2012


Orientasi Studi dan Pengenalan Kampus atau Ospek. Hem..mungkin istilah yang satu ini sangat akrab dengan mahasiswa baru. Ya karena ospek sendiri adalah salah satu kegiatan yang wajib diikuti oleh mahasiswa yang baru saja diterima dalam sebuah perguruan tinggi. Istilah ospek juga sangat akrab dengan perpeloncoan, dimana para senior biasa membalaskan dendam kepada para junior (Mahasiswa baru) sebagaimana saat dia juga menjadi maba, dan hal itu akan terus berlanjut dari angkatan ke angkatan..
Padahal sebagai senior, seharusnya mereka bisa  mengarahkan  atau membimbing para maba agar siap menjadi mahasiswa, baik dalam tingkah laku maupun etika-etika yang berlaku dalam kehidupan kampus.
Tapi kalo di IPB (Insititut Pertanian Bogor) kita gak mengenal yang namamya ospek, yang ada itu MPKMB..


apa sih sebenernya MPKMB itu??
Mungkin agak terdengar asing ditelinga orang kebanyakan.. ya MPKMB itu sendiri gak lain adalah singkatan dari Masa Perkenalan Mahasiswa Baru, jadi sebagai maba kita akan disambut karena telah berhasil menjadi seorang mahasiswa, dan nantinya kita akan diperkenalkan secara baik dan benar keadaan dan kehidupan di kampus IPB tercinta ini.

Terus apa bedanya sama ospek??
Bedanya di MPKMB ini tidak ada yang namanya perpeloncoan, kekerasan fisik, dll sebagainya. Disini kita justru benar-benar dibentuk agar mempunyai karakter tangguh supaya nantinya bisa membawa bangsa ini ke Indonesia yang lebih baik. Disini kita belajar bagaimana cara-cara agar bukan sekedar ditempeli embel-embel “mahasiswa” tapi kita belajar bagaimana menjadi “maha-siswa” yang sesungguhnya. Karena saat ini gelar siswa yang telah 12 tahun kita pegang telah ditambah dengan kata “maha”, maha sendiri memiliki arti “sangat/amat” jadi mungki kalo diistilahkan kita adalah masternya siswa, sehingga kita dituntut untuk bersikap dewasa dalam menghadapai segala hal. Berpikir jernih sebelum bertindak.

Terus apa yang bakal di dapet dari MPKMB??
Kalo yang satu ini mungkin agak susah dijawab, karena terlalu banyaknya hal-hal yang bermanfaat yang bisa kita dapetin kalo kita ikut acara MPKMB. Dimana kita bisa mengenal banyak teman dan sahabat, mendapat pendidikan dalam bertingkah laku dan beretika, kekompakkkan sesama angkatan, membangun rasa kekeluargaan, menyambung tali persaudaraan, dan masih banyak yang lainnya..

Terus gimana sih MPKMB itu?? Mau dijelasin nih??
Oke check this out!! Karena saking banyaknya maba-maba yang tahun ini diterima di IPB, yaitu sekitar 4000an mahasiswa *kurang banyak apa tuh? Yang tidak lain mahasiwa-mahasiwa ini berasal dari berbagai wilayah di seluruh bagian Indonesia. Jadi untuk mengondisikan keadaan dibagilah para mahasiwa dalam berbagai gugus, yaitu 5 gugus (merah, biru, hijau, kuning, cokelat). Dalam satu gugus, terdiri atas 5 rumpun. Jadi tahun ini, terdapat 25 rumpun, dimana setiap rumpun akan dibimbing oleh senior dari angaktan 48 (2 KPK, 5 PJR, 2 Medis) dan diketuai oleh rumpa dan rumpi.

Oooh.. jadi gitu.. acaranya ngapain aja tuh??
Mari kita review acara selama 3 hari MPKMB J

Hari ke 1 (30 Agustus 2012)
Pagi-pagi kamar mandi asrama penuh dengan antrian para peserta MPKMB, cz kalo gak ngantri dulu bisa-bisa gak bakal kebagian mandi deh -,- jangan salah..acara antri mengantri ini sudah berlangsung sejak pukul 03.00 lho! Karena menganut sistem “siapa cepat dia dapat” tak jarang kita harus berebut untuk masuk kamar mandi, atau kalo mau kita bisa menge-tag terlebih dahulu, *udah kaya mau nginep di hotel aja, harus reservasi dulu?hha
Pukul 05.30 para maba diwajibkan kumpul di depan asrama untuk mobilisasi ke gedung GWW (Grha Widya Wisuda), dengan tampang polos dan cangak alias kebingungan, kita harus cepat-cepat menemukan letak rumpun masing-masing, karena kalo gak cepet, bakal ada yang marah-marah, “ayo dek, dipercepat-dipercepat!” (voice of KPK) tentu aja para maba awalnya langsung ngerasa kesel, bahkan ada yang memusuhi KPK (ngomongin KPK), dan lain sebagainya. *haduuuh..padahal baru awal.. saat mobilisasi pun, “ayo dek, langkahnya dipercepat, barisan disambung, jangan sampai putus!!” (voice of KPK). Udah bener-bener lari, eh di depan ada yang ngomong lagi “jangan lari de! Langkahnya dipercepat, jangan lari!!” (voice of KPK) *nah lho?jadi bingung kan kalo gini, disuruh cepetan tapi gak boleh lari -,-
Foto: Hari pertama MPKMB 49, kurang lebih 4000 Maba kumpul jadi 1
suasana di GWW
Akhirnya sekitar pukul 06.30 sampailah para maba di GWW, disambut oleh perintah KPK agar masuk secra tertib dan rapi. setelah beberapa saat GWW diriuh ramaikan oleh perang jargon antar gugus, acara pun diserahkan kepada Master of Ceremony (MC). Setelah menyanyikan lagu Indonesia raya dan Hymne IPB, acara dibuka dengan penampilan dari UKM Gentra Kaheman, dan dilanjutkan dengan acara pengibaran bendera 9 fakultas yang ada di IPB. Tidak lama kemudian datanglah bapak rector IPB, Ir.Dr.Herry Suhardiyanto yang kemudian dilanjutkan penyampaian materi oleh beliau mengenai IPB dan beragam prestasinya. Setelah itu ada penyampaian materi dari Presma dan dilanjutkan acara ISHOMA (istirahat sholat makan).
Selepas ISHOMA, kita ditunjukkan tentang UKM-UKM yang ada di IPB, dengan diawali pengibaran bendera-bendera  UKM ke dalam GWW, yang kemudian dilanjutkan menonton video dan live show dari UKM-UKM.
Acara MPKMB hari ke 1 pun di tutup dengan evaluasi dari KPK. Sekitar pukul 17.00 maba dimobilisasi untuk kembali ke asrama masing-masing.

Hari ke 2 (31 Agustus 2012)
Berbeda dari ke 1, hari ke 2, maba diwajibkan untuk mobilisasi sendiri menuju GWW, jadi setiap rumpa-rumpinya harus membimbing para temannya agar sampai di GWW paling lambat pukul 06.30. kita akhirnya kumpul di depan asrama pukul 05.15 dan sampai tepat waktu di dalam GWW. Setelah MC masuk, acra dibuka degan penmapilan dari UKM MAX dan UKM AgriaSwara. Selanjutnya ada penyampaian materi mengenai Entrepreneurship oleh para alumni IPB yang telah berhasil dalam bidang wirusahanya, yaitu Sigit Purnomo (Mr.BrownCo) dan Ance Trio Marta (juragan ikan bawal).
Kemudian para maba diajak untuk melakukan koreografer MPKMB 49 dengan iringan langsung Mr.Popo. setelah itu ada penyampaian materi mengenai anti korupsi dan berbagai aksi mahasiswa IPB oleh mantan Presma IPB. Dilanjutkan dengan ISHOMA, berhubung hari jumat, sekitar pukul 11.30 maba pria muslim langsung di mobilisasikan untuk solat jumat di Al-Hurriyah dan maba wanita muslim solat di dalam GWW.
Foto
saat orasi
Topic untuk MPKMB hari ke 2 ini adalah aksi mahasiswa, jadi kita melukukan orasi untuk menuntut pemerintah agar terus menindak keras para koruptor yang telah memecah belah bangsa Indonesai kini dan membuat rakyat terlantar dan melarat. Sepanjang jalan dari depan GOR lama menuju Gymnasium (GOR lama – Al hurriyah – SMA Kornita – fahutan – CCR – astri – Gymnasium) orasi-orasi dari para maba yang berapi-api karena geram akan tindak koruptor, terus bergema sepanjang jalan dengan para border yang siap melidugi massa dari ancaman orang-orang asing yang ingin mengacaukan jalannnya orasi. Dan sekitar pukul 16.30 kita sampai di Gymnasium, setelah KPK merapikan barisan, acara dibuka dengan penampilan teater tentang korupsi, namun baru sekitar 5 menit teater berlangsung, tiba-tiba rintikkan hujan telah turun membasahi kota Bogor, makin lama semakin deras sehingga barisan terpaksa dibubarkan, dan tetap dimobilisasi oleh KPK untuk sampai ke asrama masing-masing.
Foto
saat orasi

Hari ke 3 (1 September 2012)
Sama seperti hari ke 2 maba mobilisasi sendiri, namun kali ini kita menuju lapangan Andi Hakim Nasoetion (AHN) untuk melakukan upacara pembukaan sekalian merayakan Dies Natalis IPB ke 49 yang jatuh pada tanggal 1 September 2012. Para maba dibuat terkesan saat pelepasan 9 bucket balon udara yang mewakili 9 fakultas yang ada di IPB, tidak cukup dengan itu, selanjutnya ada juga pelepasan burung merpati berjumlah 49 di lapanagn AHN. Hari ketiga benar-benar puncak yang sangat sayang bila dilewatkan karena saat itu selain pak rektor, tamu undangan yang saat itu hadir adalah dua orang Menteri RI, yaitu Menteri Pertanian RI, Ir. Suswono dan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI, M.Nuh.
Acara yang tak kalah mengesankan adalah dimana kita para maba mendapat kesempatan untuk berpartisipasi dalam pemecahan rekor muri untuk mengonsumsi beras analog, beras analog sendiri merupakan hasil karya yang berhasil diciptakan IPB uuntuk memenuhi kebutuhan pangan di Indonesia. Selain menciptakan inovasi yang menarik, hal ini juga dapat meminimalisasi pengonsumsian beras sebagai makanan pokok bangsa Indonesia. Yang tak lain dampak baiknya akan mengurangi jumlah import beras padi dari negara lain.
Acara diakhiri dengan evaluasi dari KPK, dan sedikit acting antara KPK dan PJR untuk menciptakan sedikit suasana tegang di dalam GWW, setelah ucapan “selamat kalian dinyatakan lulus dalam mengikuti MPKMB” oleh ketua KPK, rona bahagia dan kebanggaan pun terpancar di seisi GWW dilanjutkan dengan menyanyikan lagu MPKMB secara bersama-sama meriuh ramaikan GWW dengan pelemparan caping *seharusnya gak boleh, tapi saking senengnya sampai ilang control, hha.
Setalah KPK dan para panitia meminta maaf, maba pun dibubarkan, sepanjang jalan ke asrama akhirnya kita bisa melihat senyuman yang manis dari para KPK yang selama 2 hari sebelumnya tidak pernah terlihat.
Benar-benar acara yang tak terlupakan dan bisa mengenal serta mempunyai sahabat yang banyak hanya dalam waktu 3 hari, sayang sekali acara itu pun kini usai, para maba harus bersiap menghadapi kuliah-kuliah pertama di IPB pada tanggal 3 Agustus 2012. Beraktivitas kembali menjadi mahasiswa untuk membuktikan bahwa panitia telah berhasil membimbing kita sebagai mahasiswa yang sebenarnya terimakasih kaka, semoga jasamu dibalas oleh Allah SWT, aamiin..

HYMNE IPB
Institut pertanian
pengabdi nusa bangsa
Menempa tunas muda
cendekia pencipta jaya
Bergema swara cita
amalkan ilmu tuk nusa
Dengan semangat bergelora
jayalah IPB kita
Tugas bakti civitasnya
laksanakan selalu
Tri Dharma nan mulia
IPB terus maju
Institut Pertanian
pengemban cita suci
Institut Pertanian Bogor ….
Almamater Kami

THEME SONG MPKMB
“GEBYAR 49″
By : Mr Popo
Cipt: W. Rahari

Kutinggalkan SMA tuk raih cita-cita
Demi membangun pertanian bangsa
Sabang sampai merauke kepulauan Indonesia
Kita  bersatu  gebyar 49
**** berkat doa orang tua
kami pun jadi penerus nusa bangsa
Wujudkan harapan impian bersama
Reff :  kita bangga bersama IPB
MPKMB 49 awalku tuk mencari jati diriku
Sejahterakan rakyat Indonesiaku
Majulah pertanianku
Wujudkan karakter tangguh bangsaku Indonesia
Kini ku disini di gebyar 49
Membentuk moral juga kepedulian
Semangat kebersamaan ,jalin persahabatan
Satukan hati untuk masa depan
Raih prestasi untuk bangun negeri ini
Dengan semangat kita memajukann bangsa
Interlude
Back to reff 2 x

August 17, 2012

bingung mau bikin apa untuk menu makanan menyambut tamu yang datang kerumah nanti saat lebaran? lebaran tinggal menghitung hari tapi belum beli kue apa2?
aduh please deh gak usah bingung! :D
selain enak, resep yang satu ini juga unik dan lucu sehingga pas juga buat hantaran ke keluarga n kerabat :)
bikinnya pun gak ribet dan gak perlu waktu lama.
oke, sebenernya ini gak pure resep gue, cuma ada masukan dari ade gue yang gatau tuh anak dapet ilham darimana.. *lah ko?
daripada semakin gaje, yaudah capcuus yu kita praktek bikin COKUR alias Cokelat Kurma...

yang lo butuhin :
- kurma ukuran kecil 1 kg *bisa beli di daerah tanah abang :)
- cokelat blok hitam 1/2 kg
- kacang tanah di sangrai 250 gram
- keju dipotong dadu 250 gram
- susu kental manis putih 1/4 kaleng
- mentega 1 sdm

*penghias : cokelat blok putih yang dilelehkan dan dimasukkan dalam plasticbag

cara membuat :
- keluarkan biji dalam buah kurma dengan membelah setengah bagian kurma, jangan sampai terputus
- lelehkan cokelat blok hitam + susu kental manis + mentega dalam suatu wadah tahan panas yang kemudian wadah tersebut dimasukkan ke dalam panci yang diisi air *airnya jangan sampai masuk dan tercampur ke adonan cokelatnya ya
- masukkan kacang tanah sangrai dan keju kedalam kurma yang telah dibelah
- celupkan kurma yang telah diisi tersebut kedalam lelehan cokelat
- agar terlihat bagus, letakkan cokelat dalam cup kertas kecil
- langkah terakhir, hias dengan cokelat putih diatasnya
- biarkan sampai mengeras dan simpan dalam wadah yang tertutup rapat :)

selamat mencoba :)








I'm home!! :D ..
gak terasa udah sekitar satu bulan lebih ngerasain yang namanya jadi insan asrama *heeem..ciee.. :p
formal bgt kayanya kalo gua bilang suka duka udah gua alamin disana, tapi emang begitulah adanya, dari yang awalnya canggung2an ama temen baru, tapi sekarang udah blak2an *nah lo?
ngejalanin ibadah puasa Ramadhan tahun ini pun jadi semakin wah :D sampe gak terasa balik2 ke rumah Ramadhannya tinggal beberapa hari lagi.. :(

puasa di asrama itu jelas jauh beda bgt sama kalo kita ngejalanin puasa dirumah bareng orang tua, nih ya..
kalo di rumah :
- sahur, dibangunin ortu ataupun keluarga
- makanan udah siap tersedia diatas meja, tinggal melekin mata aja dan melahap semuanya
- abis sahur, tidur lagi
- nunggu buka puasa, nonton tv/maen sama ade
- bantuin bikin makanan buka si mamah
- solat tarawih dirumah, bahkan dikamar gara2 males ke masjid *ini rahasia :)

tapi kalo di asrama :
- sahur, dibangunin temen segedung! *ini tiap lorong kebagian tugas buat perharinya buat bangunin temen2 segedung, dan ini harus sekreatif mungkin. jadi inget lorong 2A-A4 kebagian jadwal bangunin orang sahur pake musik lagu daerah "yamko rambe yamko" tapi liriknya diganti jadi..

"uuur..sahur sahur 
ur sahur sahur sahur
ur sahur sahur sahur, sahur..
yo ayo sahur, yo ayo kita sahur,
 yo ayo semua bangun sahur
ayo sahur.. ayo sahur.. ayo sahur.. sahuuur.."

dan lagu itu dibikinnya bener2 dadakan, tapi berkat tangan handal jeje memainkan gitarnya, jadilah juga.. :D
seengganya gak kaya lorong yang bangunin orang sahur tapi kaya ngajak tauran -,- *entahlah itu lorong berapa..

- kalo masalah makanan, gak kaya dirumah tinggal makan, tapi kalo di asrama kita kudu turun ke bawah dan berjalan kaki ke kantin untuk membeli makanan sahur, dan kalo males ke kantin kita bisa mesen catering :)

- abis sahur, biasanya udah pada rame ngerendem baju dikamar mandi buat dicuci ntar paginya bagi para insan asrama yang tidak menggunakan jasa bicu (bibi cuci)

- saat adzan subuh berkumandang, ramailah para RT neriakin lorongnya buat solat subuh berjamaah..
teriakan Ainun RT 2A,  "2A..2B.. solat subuh berjamaah.." :D
dan setelah solat subuh, biasanya ada kultum yang disampaikan bergantian oleh insan asrama..

- abis solat subuh biasanya kita sih tidur lagi, atau nunggu matahari terbit sambil ngaji.. ntar sekitar jam 6an suka ada radio dadakan *tapi ini cuma pas di awal Ramadhan doang -,- jadii radio dadakan yang gua maksud itu adalah suara seorang SR yang berlaga sebagai penyiar radio melalui speaker asrama.. disitu bakal didengerin lantunan ayat suci Al-Qur'an, nasyid2, sampe yang namanya titip salam.. kita tinggal kirim sms dan nantinya sms kita bakal dibacain deh :)

- kalo nunggu waktu berbuka gak usah takut kesepian atau bahkan cengo saking ga ada kerjaannya, karena biasanya kita bakal berburu makanan bareng2 untuk menu berbuka. karena di Bara merupakan tempat yang menjual bermacam2 makanan buka, jadi kalo udah mau maghrib nih, ramailah oleh para insan asrama.. ya walaupun kita mesti jalan kaki lumayan untuk sampe disana, tapi itung2 olahraga sore :D

- waktu berbuka puasa kalo bisa berbuka seadanya dulu, karena dalam waktu 10 menit setelah adzan, bu RT bakal neriakin "2A.. 2B.. solat maghrib berjamaah.." *nah lo kalo yang udah terlanjur buka nasi bungkusnya, jadi gak bisa ikut solat maghrib berjamaah deh..

- kalo masalah solat tarawih, gak perlu khawatir, karena untuk bisa solat berjamaah kita tinggal turun ke lobi bawah.. tapi kalo insan asrama yang bandel sih kadang2 ngadain solat berjamaah di kamar aja *pengalaman :p hehe  abis solat tarawih, jangan langsung tidur ya, karena bu RT bakal ngetokin pintu kamar 201-212 , "2A.. ngaji lorong.."

yaaaa..kebiasaan seperti itulah yang terus berulang setiap harinya sehingga menimbulkan kenangan tersendiri buat gua..pokoknya seru abis ngejalanin Ramadhan kali ini dengan suasana yang berbeda dan mungkin hal ini gak bakal terulang lagi.. :')


July 7, 2012


Asrama TPB IPB merupakan Asrama yang wajib dihuni oleh Mahasiswa Tingkat Pertama selama satu tahun (2 semester).
Fasilitas Asrama TPB IPB :

A. Fasilitas Gedung 
·        Asrama TPB IPB  memiliki dua lokasi, yaitu : Asrama Putri dan Asrama Putra.
·        Asrama Putri terdiri dari empat Gedung, yaitu : Gedung A1,  Gedung A2, Gedung A3, Gedung Rusunawa A4, Sylvasari A5, dan Gedung A6
·        Asrama Putra terdiri dari tiga Gedung, yaitu : Gedung C1,  Gedung C2, Gedung C3.
·        Fasilitas Gedung : Televisi, Ruang bersama, Mushola, Halaman tempat jemuran, kamar mandi, tempat mencuci pakaian, dll.
·        Setiap gedung memiliki 10 lorong. Masing-masing lorong teridiri dari 13-14 kamar
·        Fasilitas Lorong : Setrika, Pemanas air / Dispenser, dll.

B.  Fasilitas Kamar
·        Kamar Asrama TPB IPB dihuni oleh 4 orang mahasiswa.
·        Fasilitas kamar : Tempat tidur susun, meja belajar   (@1 meja belajar), Lampu Belajar, Rak Handuk, Lemari Pakaian (@1 lemari), Gantungan Pakaian.



masuk IPB = tinggal di asrama 1 tahun

dengan tampang polos akhirnya sampai juga di depan asrama putri (astri) disambut dengan lagu "together to be better" yang diperdengarkan melalui speaker, dan langsung disambut oleh kakak-kakak yang ramah untuk mengisi formulir asrama.. setelah mengisi semua form dan menempel foto 3x4 juga menandatangani perjanjian mematuhi tata tertib asrama, akhirnya dapet juga kunci kamar benomor 205 dan sebuah pin biru bertuliskan 49 :)

Asrama Putri (Astri)
gedung A4 (rusunawa-GALAKSI), lantai 2 (Merkurius), lorong 2A, kamar 205
terdiri dari kamar 201-212 (37 orang)
SR : amah Tia
ibu RT : Ainun
kamar kedua, dekat tangga dan dekat kamar mandi yang Alhamdulillah airnya melimpah :)
kamar mandinya banyak, jadi tidak perlu mengantri
kurang lebih 2 menit jalan kaki untuk sampai di kantin yang menjual makanan sehat+murah+enak
namun, harus naik tangga sampai ke lantai 6 (Pluto) untuk jemur pakaian -,-

penghuni :
- Hany Zuyyina Luthfa (Bogor) KSHE
- Siti Khunaefah (Purwokerto) FKH
- Luh Putu (Bima) AGH
ki-ka: siti-fira-hany-putu
- Fira (Jakarta) IPTP

walau awalnya masih enggan untuk tinggal jauh dari orang tua, yang berarti semuanya harus saya lakukan sendiri :(
tapi.. finally udah 1 minggu di asrama, udah mulai ngerasa "keluarga" , ngelakuin semuanya bareng-bareng : makan bareng, belajar bareng, nonton bareng, nyuci baju bareng, ngampus bareng, bersih-bersih lorong bareng, dll yang "bereng2" *what the? hha.

Jadi mahasiswa, berarti harus belajar mandiri, semua hal yang biasanya kalo dirumah dibantuin ibu, ayah, kakak, adik, dll tapi kalo di asrama harus dilakuin sendiri (nyuci baju, nyetrika, dll) . so, harus pinter-pinter buat ngatur waktu yang cuma 24 jam sehari ini.

Waktu bener-bener harus diatur sebaik mungkin, waktu buat kuliah, belajar, ngelakuin pekerjaan rumah, nyantai, tidur, dll. Karena salah dikit aja, fatal deh akibatnya. Apalagi ini baru tahun pertama jadi mahasiswa baru, bener-bener harus nyiapin tenaga dan pikiran ekstra buat ngejalanin hari-hari di IPB.

Awal minggu ini bener-bener padet, kalo bisa diitung kira-kira cuma 5 jam waktu buat tidur dalam seharinya, udah makin item aja deh kantong matanya -,- dan efeknya pun terbawa sampai di dalam kelas yaitu ketiduran, walaupun udah berusaha duduk dibarisan paling depan, tapi tetep aja pasti mata “merem-melek” terus.

Untuk mahasiswa yang keterima melalui jalur undangan mendapat 1 keuntungan, menikmati “Matrikulasi”, yaitu bisa mulai kuliah duluan dengan mengambil 1 mata kuliah selama 1 bulan, yang kalo udah lulus, kita gak perlu ngambil mata kuliah tersebut lagi pas kuliah TPB nya.
Untung saya kebagian matrikulasi LM (Landasan Matematik), coz kalo kebagian Fisika, waduh ngeliatnya kasian bgt, setiap hari harus kerja kelompok, bangun pukul 03.00 tidur pukul 00.00 (menurut penuturan temen), jadi cuma sekitar 3 jam waktu untuk istirahatnya *yang sabar ya 

Tinggal di asrama itu asik, banyak temen, rame, seru, dll. Oiya di asrama banyak bgt lho istilah-istilah unik yang baru pernah saya denger,
-        SOGA (Social Gathering)
-        SORONG (Soga Lorong)
-        SODUNG (Soga Gedung)
-        NGALONG (Ngaji Lorong)
-        NGADUNG (Ngaji Gedung)
dll yang masih belum saya  ketahui :)

dan.. masih sekitar 1 tahun lagi untuk memenuhi catatan harian dengan kisah klasik kehidupan di asrama, semoga Allah selalu meridhoi jalan kami semua, aamiin :)

jargon asrama : 
"bersama di asrama,  TOGETHER TO BE BETTER"

jargon A4 :
“GALAKSI, Gagah.. Lincah.. Aktif.. Bee..raksi..
GALAKSI, keren pasti..”


Mars Asrama:

Kami adalah insan asrama
Bersatu padu membina bangsa
Gali potensi diri raih prestasi tinggi
Tuk menjadi insan sejati
Kami adalah insan asrama
Bersatu padu membangun negri
Meraih cita tinggi menggapai asa pasti
Berkorban demi bumi pertiwi
Reff :  Bersama di asrama
Memegang teguh kebenaran
Bersama di asrama
Menjunjung kebersamaan
Satukan hati raih cinta hakiki
Takkan hilang waktu berganti



10 karakter insan asrama :
1. Taqwa kepada Tuhan yang Maha Esa
2. Jujur, santun, dan berakhlak mulia
3. Sehat jasmani dan ruhani
4. Berwawasan luas
5. Produktif dan Prestatif
6. Toleransi dan Mampu mengendalikan diri
7. Patriotis, disiplin, dan bertanggung jawab
8. Teratur dalam segala urusan
9. Hidup mandiri dan Mampu bekerja sama
10. Peduli dan Bermanfaat bagi sesama




okeee, karena udah cukup lama, saya jadi bingung mau mulai darimana

tgl 28 juni 2012, mungkin itu adalah hari yang cukup melelahkan, dimana para maba (mahasiswa baru) dari jabodetabek kebagian jadwal registrasi ulang yang dilanjutkan mulai tinggal di asrama.
karena kebagian jadwal pukul 08.30 , jadi harus berangkat dari rumah 2 jam lebih awal :)
sampai sana, tepat pukul 08.30 langsung mengantri dibarisan untuk masuk ke dalam GWW (Grha Widya Wisuda) , sekitar setengah jam-an akhirnya sampai di dalam, langsung disuruh ngisi formulir-formulir. masih harus menunggu lagi dipanggil namanya untuk pemeriksaan berkas. petugasnya pada yang iseng, dimana para maba banyak yang disuruh naik ke atas panggung, terus disuruh nyanyi, lumayan sih buat hiburan tapi untung saya gak disuruh maju juga :p
setelah pemeriksaan berkas, harus lanjut lagi untuk melewati 3 stand, dan akhirnya sampai pada tahap terlama, yaitu tes kesehatan, tes urin, dan tes golongan darah. saya baru selesai sekitar jam 3 sore dan harus mengantri lagi untuk pengukuran almamater :)

seharusnya setelah dari GWW, maba diwajibkan mengikuti keliling stand UKM-UKM , namun karena sudah terlalu sore, dan tidak memungkinkan untuk mengkoordinir maba-maba yang terlihat lemah ini untuk berkelililing lagi, jadi udah boleh langsung check-in asrama :D

dengan semangat yang masih tersisa sedikit, harus berjalan kaki dari GWW menuju astri (asrama putri) A4, oke finally sampe juga astri dan mendapat kunci kamar bernomor 205, alhamdulillah cuma di lantai 2, gak kebayang deh kalo dapet dilantai 5, hehe
saat sampe dikamar, ternyata sudah ada 3 penghuninya yang lagi bersih-bersih, setelah kenalan (Siti-Purwoketo-FKH, Putu-Bima-AGH, Fira-Jakarta-IPTP )kita berempat bersih-bersih bareng deh, mulai dari nyapu, ngepel, ngangkat kasur. sekitar pukul 17.00 akhirnya pekerjaan pun selesai juga, Alhamdulillah..

hari-hari berlalu dengan semangat bersahabat tinggal di astri, sampai tibalah tgl 2 Juli 2012, *ada apa hayoo?? ini nih hari yang ditunggu maba jalur undangan , "first time for matrikulasi" hampir semua orang pada berangkat 1 jam lebih awal dari jam kuliahnya *maklum anak baru pengennya duduk di depan atau mau tepe-tepe dulu ya di CCR? hha :p

karena saya kebagian kuliah pukul 15.00 , jadi sekitar pukul 14.00 udah jalan menuju CCR, padahal gak nyampe 5 menit juga udah langsung nyampe -,- daaaaan.. tet tot!! udah rame bgt tuh CCR, pada duduk dilantai depan kelasnya untuk menunggu masuk, waw bgt pokoknya mah, dosen baru keluar juga uadh pada langsung masuk aja, padahal masih ada anak yang jadwal kuliah sebelumnya, posisi terdepan paling dicari setiap orang deh kayanya, maka dari itu hari pertama saya jadi duduk dibelakang -,-

setelah dibentuk komti dan perangkat lainnya, lalu sang dosen yang dinanti pun akhirnya datang.. ternyata saat itu P14 (R 1.02) masih diajar sama dosen pengganti karena dosen aslinya lagi berhalangan hadir.. oke diawal sesi, masih terlihat antusias dari para maba untuk mendengarkan sang dosen tersebut, tapi di akhir sesi sudah terlihat kelas yang isinya rata-rata mahasiswa kurang tidur alias ngantuk, nguap sana-nguap sini haha.

akhirnya kuliah pun usai sekitar pukul 16.50 dan para maba kembali ke asrama masing-masing :)

semangat kawan, perjalanan kita masih panjang, semoga 1 bulan matrikulasi ini mendapat ridho Allah, dan pada akhirnya bisa lulus dengan nilai 75 (A) , aamiin :)


June 19, 2012


UNDANG-UNDANG REPUBLIK INDONESIA
NOMOR 41 TAHUN 1999
TENTANG
KEHUTANAN
DENGAN RAHMAT TUHAN YANG MAHA ESA
PRESIDEN REPUBLIK INDONESIA,
Menimbang :

a. bahwa hutan, sebagai karunia dan amanah Tuhan Yang Maha Esa yang dianugerahkan kepada Bangsa Indonesia, merupakan kekayaan yang dikuasai oleh Negara, memberikan manfaat serbaguna bagi umat manusia, karenanya wajib disyukuri, diurus, dan dimanfaatkan secara optimal, serta dijaga kelestariannya untuk sebesar-besar kemakmuran rakyat, bagi generasi sekarang maupun generasi mendatang;

b. bahwa hutan, sebagai salah satu penentu sistem penyangga kehidupan dan sumber kemakmuran rakyat, cenderung menurun kondisinya, oleh karena itu keberadaannya harus dipertahankan secara optimal, dijaga daya dukungnya secara lestari, dan diurus dengan akhlak mulia, adil, arif, bijaksana, terbuka, profesional, serta bertanggung-gugat;

c. bahwa pengurusan hutan yang berkelanjutan dan berwawasan mendunia, harus menampung
dinamika aspirasi dan peranserta masyarakat, adat dan budaya, serta tata nilai masyarakat yang
berdasarkan pada norma hukum nasional;
(…)

padahal udah ada undang-undang ini, tapi tetep aja Indonesia masih kehilangan hutannya setiap tahun yang kalo di itung-itung bisa sampe seluas pulau Bali. ckck, kalo udah kaya gini banyak banget dah masalah yang bakal timbul, kaya banjir, longsor, dan yang lebih parahnya yaitu meningkatnya suhu permukaan bumi atau yang biasa kita kenal dengan "Global Warming" , hal ini gak lain disebabkan semakin banyaknya karbon dioksida yang gak bisa bisa diserap oleh pohon sehingga menimbulkan bolongnya lapisan ozon. 

kalo udah kaya gini siapa yang mau tanggung jawab? pemerintah? atau para perusak hutan? yaa mungkin semua ini salah kita sendiri, kita sebagai manusia yang belum mau peduli atau bahkan gak mau tau terhadap kelestarian hutan di Indonesia, makanya gak jarang hutan-hutan sekarang ditebangin sama para ilegal logger atau malah dieksploitasi berlebihan sama perusahaan-perusahaan penghasil produk dari kayu. 

yaa emang bener sih kalo mereka itu melakukan tindakan kaya gitu gak lain untuk mancari penghasilan, tapi akan lebih baik jika mereka-mereka itu selain mangambil sumberdaya alam dari hutan, seharusnya juga ikut dalam penanaman kembali hutan tersebut, kan kasian masa hutannya dibiarin pitak-pitak gitu yang gak lama lagi bakal botak, ckck.
hutan di Indonesia

coba aja kita tengok ke sekeliling kita, dulu kayanya pohon ada dimana-mana tapi sekarang ini yang bisa kita liat kebanyakan adalah gedung-gedung bertingkat dengan segala label kemewahannya. niatnya sih mau jadi negara maju, biar keren pada berlomba deh bikin gedung yang tinggi-tinggi (salah satu tanda kiamat sudah dekat). Indonesia padahal adalah penghasil dari 30% oksigen yang ada di bumi setiap harinya, tapi justru sekarang malah nempatin urutan ketiga sebagai negara dengan laju deforetrasi (penurunan lahan hutan) terbesar di dunia. sekali lagi, siapa yang mau disalahin?

sebenernya Indonesia udah banyak bgt bikin undang-undang untuk menghukum para pelaku yang merusak hutan, namun entah kenapa masih banyak aja yang melakukan kecurangan dan ketidakjujuran untuk kepentingannya sendiri. mungkin kurang tegasnya sikap aparat terhadap para pelaku yang mengakibatkan hukum tersebut disepelekan. ckck, coba aparatnya lebih tegas lagi dalam menegakkan hukum di Indonesia, dan kalo aja ada undang-undang yang ngebebanin para pelaku dengan hukuman menanam dan merawat pohon sepanjang hidupnya, mungkin Indonesia bisa jadi negara yang indah banget.

beberapa hari yang lalu saya mendengar kuliah umum dari Wakil Menteri Perdagangan RI, dimana saat beliau bercerita, beliau mempunyai cita-cita ingin membuat sawah di atas laut, karena Indonesia sebenarnya merupakan negara kepulauan yang memiliki luas laut lebih besar dari luas daratan, beliau berniat untuk memajukan pertanian Indonesia dengan hal tersebut. terinspirasi dari beliau, saya pun mempunyai cita-cita ingin mebuat hutan di atas laut, walaupun terdengar aneh, tapi saya akan mencoba untuk mewujudkannya ketika nantinya saya menjadi seorang Menteri Kehutanan RI, aamiin :)