CeloteHany

penulis lepas yang menyukai darat, laut, dan langit

November 11, 2013


Setelah sekian lama lenyap dari dunia blog, akhirnya I’m come back :D
Walau sedikit berlebihan but enjoy it!^^

Kamis, 7 November 2013
Seperti pada pagi biasanya saya mengawali pagi ini, namun dengan semangat yang sedikit berbeda karena hari itu saya akan melakukan refreshing bersama teman-teman setelah seminggu lebih berkutat dengan ujian –“ memang tujuan utama perjalanan saya saat itu adalah untuk melanjutkan praktikum lapang mata kuliah Rekreasi Alam dan Ekowisata. Gua Gudawang yang berada di Kecamatan Cigudeg, Kabupaten Bogor merupakan sebuah kompleks gua yang menyajikan berbagai bentukan alam kawasan karst, baik yang sudah dikembangkan maupun yang belum, yang bisa dimasuki dan bahkan tidak memungkinkan untuk dimasuki.

September 24, 2013

rasanya hal itu baru kemarin
semua itu masih disini kemarin
rasa, bau, warna membekas seperti kemarin
cinta, sayang, kasih semua sama kemarin
semua berjalan indah kemarin
kemarin, semoga esok masih sama

July 10, 2013

Pagi yang cerah!! Ohayou minna-san!! ^^
Tanggal 6 Juli 2013, pagi itu saya ada jadwal nge-danus bareng IMB (Ikatan Mahasiswa Bogor), nawarin produk cheese stick dan kue kering ke sebuah perumahan di Bogor. Kegiatan danus ini bertujuan menggalang dana untuk Baksos ramadhan yang akan diadakan IMB.

July 3, 2013



bahan Pancake:
500 g tepung terigu kualitas sedang
2 butir telur
6 g ragi instant
3 sdm gula psir
1/2 sdt garam
1 sdt bubuk kayumanis
600 ml air masak
100 g mentega yang dilelehkan

bahan Honey Sauce Acid:
3 sdm madu
5 sdm gula pasir
1 buah jeruk lemon diperas sarinya
garam secukupnya
1 batang kayumanis
100 ml air masak

cara membuat:
- campur rata terigu, gula, garam, dan ragi instant
- tambahkan air dan aduk hingga tidak ada yang menggumpal
- diamkan adonan selama kurang lebih 20 menit
- gunakan mixer untuk mencampur adonan sambil dimasukkan telur dan mentega leleh yang telah dingin
- pastikan adonan telah tercampur dengan rata
- diamkan lagi selama 10 menit
- adonan siap dimasak dengan menggunakan wajan anti lengket diameter 10 cm
- sebelumnya beri sedikit margarin dan panaskan wajan
- masak pancake hingga kering dan dibagian atasnya ada lubang-lubang kecil
- pancake siap disajikan dengan bahan pelengkap

- untuk membuat honey sauce acid, masukkan semua bahan kedalam panci, dan masak hingga meletup-letup dengan api kecil sampai agak mengental.

*agar hasil pancakenya bagus, wajan harus benar-benar panas namun dengan menggunakan api yang kecil dan ditutup ketika memasaknya.

selamat mencoba!! ^^

Assalamualaikum wr wb ^^
ohayou minna san!
setelah sedikit ngutak ngatik tampilan blog di pagi yang cerah dan dingin ini, walau masih sederhana, saya harap jadi gak norak hehe. Rencananya hari ini mau pergi ke salah instansi kehutanan di Bogor, untuk survey tempat magang, tapi akhirnya gak jadi karena Anikanya gak bisa --"
oke gapapa, hari ini mungkin akan saya habiskan dengan mengerjakan hal bermanfaat lainnya dirumah. setelah kemarin mengahabiskan waktu dengan berkebun dan memasak kue dengan resep kira-kira (Pancake and Honey Sauce Acid) hehe
berhubung ini adalah musim liburan, saya ingin mengajak anda khususnya para remaja *berasa masih muda, hhe untuk mencari destinasi untuk menikmati liburan kali ini :) biar gak boring dirumah dengan mantengin TV setiap saat yang acaranya itu-itu aja, ya.. kalo gak musik, lawakan, sinetron, dkk. sepertinya kita memang butuh sesuatu yang baru dan fresh agar bisa menghilangkan penat dari kesibukan bekerja dan belajar. oke check this out!!


1. ke tempat wisata
yang satu ini mungkin udah gak asing dilakuin setiap orang ketika mengisi liburan mereka. sampe-sampe kalo udah yang namanya musim liburan, tempat-tempat wisata, mulai dari wisata darat, air, udara *sekalian aja api kaya Avatar, hhe pasti bakal padat pengunjung. malahan niat kita untuk mencari udara segar bisa gagal tuh saking banyaknya orang yang seliweran sana-sini --"
jadi kalau menurut saya, sebelum memutuskan untuk pergi ke tempat wisata, pastikan bahwa tempat tersebut tidak terlalu padat. mungkin anda bisa memutuskan untuk pergi ke tempat wisata alam yang jauh dari hiruk-pikuk perkotaan, yang disana anda bisa menikmati udara segar dan sejuk yang belom terkontaminasi sama polusi udara.


2. menanam
"siapa yang menanam, dia yang akan memetik hasilnya.."
masih ingat dengan semboyan itu? yaps! bener banget, daripada cuma bengong-bengong gak jelas, mending kita menanam!^^ menanam ini bisa menjadi salah satu alternatif menghilangkan kepenatan anda.
hal ini bisa anda lakukan di pekarangan rumah anda sendiri, kalaupun tidak ada lahan yang memadai untuk melakukan kegiatan ini, anda bisa saja beralih menggunakan metode hidroponik, selain tidak perlu menggunakan media tanah, metode hidroponik tidak memerlukan space yang besar. jadi anda bisa melakukan hal tersebut di teras atau mungkin di dalam rumah. alat-alat yang dibutuhkan untuk hidroponik ini juga mudah di dapat, seperti botol bekas, baskom, dengan media air, kerikil, dll.
menanam dengan teknik hidroponik ini, hampir bisa dilakukan untuk semua jenis tumbuhan loh, mulai dari buah-buahan, bunga, sampai sayur-mayur pun bisa.
jadi tunggu apa lagi?? ayo menanam!! ^^

3. mengunjungi museum
museum? pasti yang ada di benak anda adalah, jadul, kuno, gak elegan, dan lain sebagainya, eiitss.. tunggu dulu, kata siapa kaya gitu? dengan mengunjungi museum artinya kita mau mempelajari sejarah dari bangsa kita loh, yang itu artinya kita meningkatkan rasa nasionalisme ^^
mengetahui bagaimana para pahlawan memperebutkan negara Indonesia tercinta ini dari tangan penjajah, yang mungkin kalo gak ada keberanian dari mereka untuk melawan kompeni-kompeni, sekarang ini kita masih dijajah sama negara lain. jadi dengan mengunjungi museum, kita bisa lebih menghargai jasa para pahlawan.
gak jaman deh, teriak-teriak "saya cinta Indonesia" tapi mengetahui sejarah bangsa sendiri enggan, yang ada malah bangga-banggain negara lain, mulai dari orangnya sampe produk-produk dari sana, aduuuh.. kapan coba negara kita mau maju??
jadi sebelum anda pergi ke museum-museum yang ada di negeri orang, ada baiknya anda mengunjungi museum-museum yang penuh sejarah perjuangan di Tanah Air tercinta Indonesia terlebih dahulu. selamat memperkaya nasionalisme mu!! ^^

4. travelling ala back packer
yang satu ini patut di coba buat anda yang merasa bosan berkelana dengan tarnsportasi yang itu-itu aja, ada kalanya anda butuh keluar dari main stream, gak perlu bawa banyak barang, cukup baju ganti, alat solat, alat mandi dan budget pun gak usah mahal-mahal, yang penting cukup untuk uang makan, penginapan ala kost dan transportasi sederhana kaya bis dan kapal laut.
tapi sebelum melakukan kegiatan ini, jangan lupa minta restu orang tua agar nyampe tempat tujuan dengan selamat, estimasi uang juga harus sesuai dengan lamanya travelling anda. kan gak mungkin juga, tiba-tiba anda kehabisan uang untuk ongkos pulang, yang ada malah jadi pengemis baru di kota orang dong, hha.
kegiatan ini juga ada baiknya anda lakukan dengan teman anda, jadi kalo nyasar bisa ada temen senasib sepenanggungan *eh hha. selain itu, dengan adanya teman, kan bisa berbagi suka-duka selama perjalan.
cukup berbekal informasi yang cukup, niat, dan keberanian, insya Allah bisa nyampe deh ke tempat tujuan yang anda mau.
jadi tunggu apa lagi?? buat apa pusing-pusing ngumpulin uang banyak kalo cuma ingin travelling? ^^

5. magang
malu nyari uang sendiri buat jajan? aduh kuper banget dah kalau anda masih berpikiran seperti itu. sekarang ini kita malah harusnya bangga ketika kita bisa mendapatkan uang dari hasil kerja kita sendiri. jangan mau kalah dong sama anak-anak di Jepang yang selalu mengisi kegiatan liburan mereka dengan magang. selain dapet uang jajan tambahan dengan magang kita juga bisa mendapat pengalaman yang baru.
di indonesia sendiri mungkin tidak semua perusahaan yang menerima magang dengan memberi imbalan uang, jadi jangan terlalu berharapa lebih, ambil pengalamannya aja kalo begitu, setidaknya kita menjadi lebih berpengalaman dibandingkan dengan orang lain ^^
saran saya adalah cari info magang sebanyak-banyaknya. punya temen banyak juga bisa menjadi jalan informasi untuk anda magang selama liburan ini. jadi marilah mencari informasi! ^^

6. berkreasi di dapur
menciptakan resep baru di dapur juga bisa menjadi alternatif mengisi liburan anda kali ini, selain bisa menghilangkan penat, siapa tau hasil yang anda kreasikan enak dan layak jual. jadi sekali dayung dua-tiga pulau terlampui bisa jualan dan akhirnya uang jajan anda pun bertambah ^^

mungkin sekian yang bisa saya rekomendasikan sebagai pilihan destinasi mengisi liburan anda kali ini, sampai jumpa, dan selamat mencoba, jaa ne!! ^^

June 27, 2013

ada apa?
kenapa selalu langit?
apa yang sedang kau lihat?
awankah?
mataharikah?
atau mungkin bulan dan bintang?
kenapa selalu langit?

June 15, 2013

awal itu entah ku darimana
satupun tak tahu nama
tas besar bekal ku dari kampung
segenggam doa tersimpan dari orangtua
sekaligus menagih janjiku di satu tahun
awal itu rasanya asing
dia darimana ku darimana
indonesia ini luas bung
bukan hanya satu langkah
tapi itulah yang menarik kita jadi satu
awal bertemu malu-malu
tapi kini semua itu satu
tapi itupun kini akhir atau bukan


A4 lorong 2A kamar 205

kelas TPB P14-Copas

May 25, 2013

akhirnya kembali mencoba untuk menulis sesuatu lagi, hehe
setelah sekian lama hanya bisa stuck dengan puisi-puisi abstrak --"

... 

oke Tingkat Persiapan Bersama (TPB) adalah satu2nya masa diamana kamu akan mendapatkan mata kuliah yang mirip-mirip sama di SMA, ya kaya SMA kelas 4 ajalah gitu.. :)
dan termasuk ada nih yang namanya mata kuliah olahraga, sebenernya bosen juga dari TK sampai kuliah masih aja ketemu sama olahraga, tapi di TPB ini ada saatu hal yang menarik dari mata kuliah olahraga, yaitu aerobik..
penasaran kaya gimana aerobik itu? ya seperti aerobik pada umumnya, ada musik yang mengiringi, instruktur, dan para aerobikan (*bener gak ya istilahnya?) jadi aerobik adalah salah satu ujian praktek tengah semester yang harus dilakukan oleh mahasiswa TPB. kira-kira dikasih waktu sekitar 1 bulan untuk mempersiapkan segalanya, karena selain diambil nilai UTS, kegiatan ini juag menjadi ajang lomba antar kelas lho :) jadi kita harus berlomba jadi kelas terkece, hhe
kalo persiapan dari kelas saya, yaitu P14 sendiri sih sebenernya udah maksimal (*instrukturnya doang sih) pada rela mati2an berlatih dengan serius (*tapi boong) menciptakan gerakan-gerakan yang pastinya ekstrim dan kece abis, biar gak kalah sama kelas-kelas yang lainnya. sekitar 4-5 kali latihan di sekitar gymnasium dengan peserta yang itu-itu aja orangnya --"
ternyat bener, proses itu lebih berharga daripada hasil, dari proses latihan aerobik inilah kita jadi makin akrab dan kompak satu sama lain, semakin mengenal masing-masing watak dari mereka, dan saling berbagi cerita :)
dan akhirnya hari yang dinanti pun tiba, tanggal 27 April 2013 (*kalo gak salah)
sekitar pukul 6, kita udah disuruh sama komti buat kumpul di depan gymnasium buat nanti mobilisasi ke gladiator. lumayan ngaret nyampe sana dan masih harus nunggu dulu untuk mendapat giliran tampil. P14 dapet urutan ke 14 :D sambil nunggu, untuk biar tambah keliatan kompak, akhirnya kita pasang sticker di pipi pertulisakan angka 4 dan 9, yaitu angkatan kita 49 :) setelah ngeliat yang udah tampil dari kelas lain keren-keren, kita gak mau kalah akhirnya 20 menit sebelum tampil kita latihan dulu di samping GWW, disitu tuh kayanya udah terencana bgt buat kompaknya, ya ini sama dengan jargon kita "COPAS! Kompak, Kompak YES!!!" sampe bikin gerakan-gerakan masuk panggung (tempat tampil) yang aneh-aneh dan akhirnya mencetuskan semacam jargon yang aneh yaitu "tanya komtilah! :D" (walaupun pada akhirnya kita cuma rame dibelakang panggung, pas dipanggung mah pada diem) hha.
sekitar 10 menit tampil dan akhirnya selesai :) diakhir sesi kita adakan foto-foto! :D hhe, dimana ada kamera harus ada P14, karena rata-rata kita ini maniak foto :p dan seperti inilah momen-momen yang sempat diabadikan untuk dijadikan kenangan :)











walaupun pada akhirnya kita gak menang, tapi kita tetep seneng ko, karena dari sinilah akhirnya kita bisa lebih merasakan kebersamaan, ya mungkin hal ini gak akan pernah terulang lagi dan akan menjadi suatu cerita yang bisa dikenang, sekian kisah ini, saya akhiri :)

May 12, 2013

yang satu ini itu bukan
lagi kakiku menyibak ini
tapi ini memang bukan
kuyakini untuk melihat itu
tapi itupun bukan
berdiri tegar ini
menahan sakit itu
tetap saja bukan ini itu

April 13, 2013

menjelajah jauh, bukan kesana
berdiri tegak, bukan melemah
duduk terdiam, bukan melayang
seakan menelanjangi memori itu
berusaha kuat, bukan menantang
berlari terus, bukan menghilang
entahlah..
bukan masalah sudah
ini asa atau realita dalam dunia
berpikir sejenak, jauh tak terlihat
entah dia, atau mungkin anda
bukan masalah sudah
menggali sisa kesepian masa
berharap jauh, tapi tetap terlihat
hadir lagi menghilang
cukuplah ini masalah

January 29, 2013

saat promosi IPB berlangsung

Tepatnya Rabu, 23 Januari 2013. pagi itu saya awali dengan kegiatan yang saat ini marak dilakukan oleh siswa yang baru saja lulus SMA, ketika telah memasuki jenjang perguruan tinggi, musim liburan semester 1 pasti digunakan untuk berbagai macam kegiatan promosi perguruan tinggi kepada adik-adik kelas. tentu saja, selain untuk menjelaskan bagaimana profil perguruan tinggi tersebut, saya dan teman-teman juga menjelaskan bagaimana kehidupan kampus sesungguhnya, ya semacam sharing pengalaman kepada adik kelas yang nantinya akan mengikuti jejak kita :)

Kegiatan promosi IPB kali ini tempatnya di SMA Negeri 5 Bogor atau yang lebih dikenal dengan nama "Smanli" , saya dan teman-teman pun termasuk alumni dari sekolah tersebut yang kini berkuliah di IPB. ANTZ (Ajang Nongkrong Temu Zmanli), walau terdengar agak aneh, entah sejak kapan setiap alumni Smanli yang berkuliah di IPB otomatis tergabung dalam (mungkin lebih bagus disebut..) organisasi tersebut.

ki-ka: Hany-Ismah-Fathia-Khadijah-Dian
sebagian ANTZ yg ikut promosi
Sekitar pukul 07.00 WIB, saya dan teman-teman dianjurkan untuk telah berada di Smanli, karena mau ada briefing terlebih dahulu. dan sekitar pukul 09.00 WIB, acara promosi ke kelas-kelas pun dimulai. selain dari IPB, banyak juga universitas-universitas lain yang juga melakukan kegiatan promosi pada waktu yang sama, sehingga bergantian masuk kelas kami lakukan agar kegiatan dapat berjalan dengan efektif dan lancar. Alhamdulillah, sekitar pukul 12.00 WIB acara promosi berakhir dengan berbagai macam antusias yang tergambar dari mimik adik kelas yang nantinya akan melanjutkan perjalanan saya dan teman-teman untuk berkuliah di perguruan tinggi yang mereka mau.

ki-ka: Tile-Najmah-Hany-Dian-Dita
di kantin Smanli
Seusai promosi, saya dan teman-teman memutuskan untuk makan siang di kantin Smanli. dengan memesan makanan paling khas di tempat tersebut "bakso Mas Bas" dan segelas es teh manis berhasil mengisi perut-perut kami yang kosong tadi. sekilas ingatan ketika masih menjadi seorang siswa di Smanli kembali membayang, kenangan ketika saya dan teman-teman harus rela mengantri dan berebut tempat duduk di dalam kantin, karena suasana saat jam istirahat yang tentu saja dipenuhi oleh siswa-siswa. semua itu tinggal menjadi kenangan masa putih abu yang akan selalu membekas :)

Siang itu, setelah memutuskan untuk solat zuhur terlebih dahulu di masjid Smanli, saya akhirnya berangkat menuju BTM, untuk bertemu dengan dua orang teman saya, Najmah dan Rohmah (Tile). kami berencana untuk melakukan wisata kuliner yang tempatnya sebelumnya sudah dijadwalkan oleh Najmah. namun sebelumnya kami sudah bersepakat untuk patungan dan berbagi setiap makanan yang kami beli nanti (wisata kuliner ala mahasiswa).

ramen 37rb
Setelah membeli bekal sebotol air mineral, kami langsung menuju tempat tujuan pertama, Daiji Ramen Express. perjalanan menuju tempat tersebut agak terhambat karena hujan mulai membasahi Kota Bogor siang itu. setelah bergantian naik motor dengan Tile sebagai "tukang ojek" cantiknya, kami sampai juga.  walaupun hanya Najmah yang membeli 1 porsi ramen seharga 37rb tapi kami meminta 3 buah garpu untuk menemani santap ramen kali itu. seenak apapun rasa ramen menurut orang, tapi menurut saya masih lebih enak mie rebus + telor + cabe rawit, hehe.

siomay 12rb
Tempat selanjutnya adalah Siomay di daerah Pengadilan depan Apotek Sehat. bergantian naik motor kami lakukan untuk menghemat ongkos saat itu, hehe. setelah sampai, dengan mantap kami memesan satu porsi siomay (4rb@siomay) berisi 3 buah siomay panas yang dipotong-potong dan ditambah bumbu kacang yang siap menggoyang lidah kami saat itu. seperti biasa, meminta sendok tambahan adalah tugas si Tile. karena keunikan kami tersebut, sempat kami ditertawai tukang Bakpau yang berdagang disebelah tukang Siomay tersebut, dengan membuang rasa malu, dengan PDnya kami menyantap sepiring siomay bertiga hingga suapan terakhir.
Kebetulan disekitar situ masih banyak penjaja makanan yang lain, sehingga muncul niat untuk mencoba semuannya. alhasil kami akhirnya membeli 4 buah kue ape seharga 3rb, satu buah bakpau seharga 6rb, dan semangkok wedang ronde seharga 7rb sekaligus menemani kami menunggu hujan gerimis yang mulai reda. "baru kali ini neng, saya nemuin konsumen yang minta sendoknya tiga, kreatif banget ini", puji atau malah sindiran beriring tawa dari si Tukang Wedang Ronde yang mungkin bingung dengan tingkah kami tersebut. dari kata-kata tukang wedang tersebut kami malah menjadi merasa bangga dengan keunikan kami tersebut :)
kue ape 3rb - bakpau 6rb
wedang ronde 7rb

kue coklat 17rb
Karena waktu sudah menunjukkan hampir pukul 17.00 WIB, saya awalnya memutuskan untuk berpisah dengan Najmah dan Tile, dan tidak ikut ke tempat tujuan akhir. namun setelah dirayu beberapa kali akhirnya kami pergi ke tempat tujuan akhir wisata kuliner saat itu, yaitu semacam toko kue yang berada di daerah Taman Kencana, d'Fla. niat awal kami yang membeli tiramisu gagal karena kue tersebut hanya tersedia dalam porsi besar. akhirnya Najmah membeli kue coklat yang harganya sangat sesuai dengan rasanya. walau hanya mendapat sepotong kue dengan harga 17rb, derai tawa tetap mengalir kala itu mengingat-ingat lagi kegiatan kami hari itu. seru, senang, dan sedikit letih mengakhiri wisata kuliner kami saat itu.

melakukan pengalaman bersama teman, mengajarkan kami akan arti berbagi dan kebersamaan, rasa itulah yang nantinya akan tetap terkenang ketika mungkin setahun, dua tahun, dan tahun-tahun berikutnya ketika kami dipertemukan lagi nanti. dan diberi kesempatan oleh Allah untuk mengenang masa-masa itu... :)

ki-ka: Najmah-Tile-Hany
depan apotek Sehat
ki-ka: Tile-Najmah
makan ramen
ki-ka: Najmah-Tile
makan wedang ronde
ki-ka: Hany-Tile
makan kue coklat
ki-ka: Najmah-Hany-Tile
di d'Fla
 

January 19, 2013

mimpi dan impian
sekilas kedua kata itu bermakna sama
namun sebenarnya berbeda
sangat sangat berbeda
ibarat khayalan dan kenyataan
mimpi hanyalah sebagian kecil dari khayalan kita
atau mungkin lebih pantas kita kenal dengan bunga tidur
tak pernah nyata, tak pernah ada
lain halnya dengan impian
ketika kita pastikan impian tersebut
jangan lepas dari pandangan
sekalipun itu sulit untuk menjadi nyata
tapi usaha, doa, dan berserah kepada-Nya
bisa merubah impian menjadi kenyataan
kenyataan yang sangat kita inginkan
kecil, muda, dewasa
impian-impian itulah yang terus menentukan seperti apa kita
menuntun perjalanan hidup menuju asa
asa pasti untuk terus mencari ridho-Nya

January 18, 2013

pertiwiku..
apa gerangan yang kini membuatmu begitu membenciku?
apakah kearifanku yang kini tak lagi kau lihat?
atau mungkin gelora hijau "go green" ku yang hanya sekedar pemanis kampanye?
ataukah amanah-Nya untuk menjadikan lestarimu tak ku lakukan?
pertiwiku..
ampunku pada-Nya tak mampu lagi membendung kebencianmu
kebencian melihat manusia-manusia yang semaunya berlaku
membuang sampah layaknya orang gila yang tak tau malu
serampangan dalam membabat hutan-hutanmu yang hijau dulu
pertiwiku..
kalaukah kau membenciku..
janganlah benci anak-anak polos yang belum mengerti arti hidup
jangan pula wanita lelaki renta yang dulu selalu menjagamu
pertiwiku..
biarlah aku, generasi mudamu yang tak tau malu ini yang kau benci
bencilah aku generasi mudamu yang tak punya api membara menyelamatkanmu
tapi tolong pertiwiku
jagalah mereka manusia-manusia yang tak berdosa ini
sayangilah orangtuaku selagi kau membenciku
pertiwiku, kuharap bencimu hanya padaku
maaf..