CeloteHany

penulis lepas yang menyukai darat, laut, dan langit

July 10, 2013

Pagi yang cerah!! Ohayou minna-san!! ^^
Tanggal 6 Juli 2013, pagi itu saya ada jadwal nge-danus bareng IMB (Ikatan Mahasiswa Bogor), nawarin produk cheese stick dan kue kering ke sebuah perumahan di Bogor. Kegiatan danus ini bertujuan menggalang dana untuk Baksos ramadhan yang akan diadakan IMB.

July 3, 2013



bahan Pancake:
500 g tepung terigu kualitas sedang
2 butir telur
6 g ragi instant
3 sdm gula psir
1/2 sdt garam
1 sdt bubuk kayumanis
600 ml air masak
100 g mentega yang dilelehkan

bahan Honey Sauce Acid:
3 sdm madu
5 sdm gula pasir
1 buah jeruk lemon diperas sarinya
garam secukupnya
1 batang kayumanis
100 ml air masak

cara membuat:
- campur rata terigu, gula, garam, dan ragi instant
- tambahkan air dan aduk hingga tidak ada yang menggumpal
- diamkan adonan selama kurang lebih 20 menit
- gunakan mixer untuk mencampur adonan sambil dimasukkan telur dan mentega leleh yang telah dingin
- pastikan adonan telah tercampur dengan rata
- diamkan lagi selama 10 menit
- adonan siap dimasak dengan menggunakan wajan anti lengket diameter 10 cm
- sebelumnya beri sedikit margarin dan panaskan wajan
- masak pancake hingga kering dan dibagian atasnya ada lubang-lubang kecil
- pancake siap disajikan dengan bahan pelengkap

- untuk membuat honey sauce acid, masukkan semua bahan kedalam panci, dan masak hingga meletup-letup dengan api kecil sampai agak mengental.

*agar hasil pancakenya bagus, wajan harus benar-benar panas namun dengan menggunakan api yang kecil dan ditutup ketika memasaknya.

selamat mencoba!! ^^

Assalamualaikum wr wb ^^
ohayou minna san!
setelah sedikit ngutak ngatik tampilan blog di pagi yang cerah dan dingin ini, walau masih sederhana, saya harap jadi gak norak hehe. Rencananya hari ini mau pergi ke salah instansi kehutanan di Bogor, untuk survey tempat magang, tapi akhirnya gak jadi karena Anikanya gak bisa --"
oke gapapa, hari ini mungkin akan saya habiskan dengan mengerjakan hal bermanfaat lainnya dirumah. setelah kemarin mengahabiskan waktu dengan berkebun dan memasak kue dengan resep kira-kira (Pancake and Honey Sauce Acid) hehe
berhubung ini adalah musim liburan, saya ingin mengajak anda khususnya para remaja *berasa masih muda, hhe untuk mencari destinasi untuk menikmati liburan kali ini :) biar gak boring dirumah dengan mantengin TV setiap saat yang acaranya itu-itu aja, ya.. kalo gak musik, lawakan, sinetron, dkk. sepertinya kita memang butuh sesuatu yang baru dan fresh agar bisa menghilangkan penat dari kesibukan bekerja dan belajar. oke check this out!!


1. ke tempat wisata
yang satu ini mungkin udah gak asing dilakuin setiap orang ketika mengisi liburan mereka. sampe-sampe kalo udah yang namanya musim liburan, tempat-tempat wisata, mulai dari wisata darat, air, udara *sekalian aja api kaya Avatar, hhe pasti bakal padat pengunjung. malahan niat kita untuk mencari udara segar bisa gagal tuh saking banyaknya orang yang seliweran sana-sini --"
jadi kalau menurut saya, sebelum memutuskan untuk pergi ke tempat wisata, pastikan bahwa tempat tersebut tidak terlalu padat. mungkin anda bisa memutuskan untuk pergi ke tempat wisata alam yang jauh dari hiruk-pikuk perkotaan, yang disana anda bisa menikmati udara segar dan sejuk yang belom terkontaminasi sama polusi udara.


2. menanam
"siapa yang menanam, dia yang akan memetik hasilnya.."
masih ingat dengan semboyan itu? yaps! bener banget, daripada cuma bengong-bengong gak jelas, mending kita menanam!^^ menanam ini bisa menjadi salah satu alternatif menghilangkan kepenatan anda.
hal ini bisa anda lakukan di pekarangan rumah anda sendiri, kalaupun tidak ada lahan yang memadai untuk melakukan kegiatan ini, anda bisa saja beralih menggunakan metode hidroponik, selain tidak perlu menggunakan media tanah, metode hidroponik tidak memerlukan space yang besar. jadi anda bisa melakukan hal tersebut di teras atau mungkin di dalam rumah. alat-alat yang dibutuhkan untuk hidroponik ini juga mudah di dapat, seperti botol bekas, baskom, dengan media air, kerikil, dll.
menanam dengan teknik hidroponik ini, hampir bisa dilakukan untuk semua jenis tumbuhan loh, mulai dari buah-buahan, bunga, sampai sayur-mayur pun bisa.
jadi tunggu apa lagi?? ayo menanam!! ^^

3. mengunjungi museum
museum? pasti yang ada di benak anda adalah, jadul, kuno, gak elegan, dan lain sebagainya, eiitss.. tunggu dulu, kata siapa kaya gitu? dengan mengunjungi museum artinya kita mau mempelajari sejarah dari bangsa kita loh, yang itu artinya kita meningkatkan rasa nasionalisme ^^
mengetahui bagaimana para pahlawan memperebutkan negara Indonesia tercinta ini dari tangan penjajah, yang mungkin kalo gak ada keberanian dari mereka untuk melawan kompeni-kompeni, sekarang ini kita masih dijajah sama negara lain. jadi dengan mengunjungi museum, kita bisa lebih menghargai jasa para pahlawan.
gak jaman deh, teriak-teriak "saya cinta Indonesia" tapi mengetahui sejarah bangsa sendiri enggan, yang ada malah bangga-banggain negara lain, mulai dari orangnya sampe produk-produk dari sana, aduuuh.. kapan coba negara kita mau maju??
jadi sebelum anda pergi ke museum-museum yang ada di negeri orang, ada baiknya anda mengunjungi museum-museum yang penuh sejarah perjuangan di Tanah Air tercinta Indonesia terlebih dahulu. selamat memperkaya nasionalisme mu!! ^^

4. travelling ala back packer
yang satu ini patut di coba buat anda yang merasa bosan berkelana dengan tarnsportasi yang itu-itu aja, ada kalanya anda butuh keluar dari main stream, gak perlu bawa banyak barang, cukup baju ganti, alat solat, alat mandi dan budget pun gak usah mahal-mahal, yang penting cukup untuk uang makan, penginapan ala kost dan transportasi sederhana kaya bis dan kapal laut.
tapi sebelum melakukan kegiatan ini, jangan lupa minta restu orang tua agar nyampe tempat tujuan dengan selamat, estimasi uang juga harus sesuai dengan lamanya travelling anda. kan gak mungkin juga, tiba-tiba anda kehabisan uang untuk ongkos pulang, yang ada malah jadi pengemis baru di kota orang dong, hha.
kegiatan ini juga ada baiknya anda lakukan dengan teman anda, jadi kalo nyasar bisa ada temen senasib sepenanggungan *eh hha. selain itu, dengan adanya teman, kan bisa berbagi suka-duka selama perjalan.
cukup berbekal informasi yang cukup, niat, dan keberanian, insya Allah bisa nyampe deh ke tempat tujuan yang anda mau.
jadi tunggu apa lagi?? buat apa pusing-pusing ngumpulin uang banyak kalo cuma ingin travelling? ^^

5. magang
malu nyari uang sendiri buat jajan? aduh kuper banget dah kalau anda masih berpikiran seperti itu. sekarang ini kita malah harusnya bangga ketika kita bisa mendapatkan uang dari hasil kerja kita sendiri. jangan mau kalah dong sama anak-anak di Jepang yang selalu mengisi kegiatan liburan mereka dengan magang. selain dapet uang jajan tambahan dengan magang kita juga bisa mendapat pengalaman yang baru.
di indonesia sendiri mungkin tidak semua perusahaan yang menerima magang dengan memberi imbalan uang, jadi jangan terlalu berharapa lebih, ambil pengalamannya aja kalo begitu, setidaknya kita menjadi lebih berpengalaman dibandingkan dengan orang lain ^^
saran saya adalah cari info magang sebanyak-banyaknya. punya temen banyak juga bisa menjadi jalan informasi untuk anda magang selama liburan ini. jadi marilah mencari informasi! ^^

6. berkreasi di dapur
menciptakan resep baru di dapur juga bisa menjadi alternatif mengisi liburan anda kali ini, selain bisa menghilangkan penat, siapa tau hasil yang anda kreasikan enak dan layak jual. jadi sekali dayung dua-tiga pulau terlampui bisa jualan dan akhirnya uang jajan anda pun bertambah ^^

mungkin sekian yang bisa saya rekomendasikan sebagai pilihan destinasi mengisi liburan anda kali ini, sampai jumpa, dan selamat mencoba, jaa ne!! ^^